Mozaik Publishing House, nama yang kami pilih sebagai nama penerbitan indie kami. Nama Mozaik kami pilih karena kami ingin menjadi penerbitan yang menampung segala jenis karya, baik itu fiksi maupun non fiksi.  Di perjalanan waktu, kami mendapat informasi penting dari informan kami bahwa nama Mozaik Publishing House ternyata sudah dipakai oleh sebuah penerbitan buku-buku anak dari luar negeri. Tentu saja hal itu membuat kami harus segera mengambil tindakan.

Di satu sisi kami sudah jatuh cinta pada nama Mozaik Publishing House namun di sisi lain kami dihadapkan pada resiko hukum jika tetap menggunakan nama tersebut. Posisi kami sangat lemah, adalah suatu kenekatan jika sebuah penerbit indie yang baru berdiri ‘melawan’ penerbit major yang sudah berdiri dua puluh tahun lebih. Maka kami memilih untuk mengalah dan memakai nama lain.

Pembuatan nama boleh dibilang gampang-gampang susah. Kami masih ingin mempertahankan nama Mozaik, selain kami sudah jatuh cinta denga nama itu, lomba logo yang sedang kami adakan juga menjadi pertimbangan. Waktu itu sudah ada tiga logo yang disetorkan, kami tidak mungkin mengganti nama Mozaik. Maka dimulailah pencarian nama yang belum pernah dipakai oleh penerbit lain.

Setelah bongkar pasang nama, konsultasi sana-sini hingga sempat adu argument dan penyempurnaan dari informan yang baik hati tersebut, kami memilih nama ini sebagai nama baru kami:



Mozaik Indie Publisher

Mozaik: kami ingin menjadi penerbit yang mewadahi segala jenis karya baik fiksi maupun non fiksi namun dengan satu garis merah: berjiwa muda dan menginspirasi pembaca.

Indie: ini bukan sebatas pada status kami yang berjalan di jalur indie namun lebih pada kebebasan dalam berkarya dan menuangkan ide serta pemikiran para penulis.

Publisher: sebagai penegas bahwa kami bergerak di dunia penerbitan.

Untuk menyempurnakan identitas, maka logo yang terpilih pun harus diubah sedikit di bagian nama.

Here we go, our new name dan logo:

 

1. Bentuk mozaik diambil karena pertimbangan namanya yang sudah ‘iconic’.
2. Siluet huruf M mewakili nama Mozaik Indie Publisher.
3. Warna yang beragam menggambarkan sifat jiwa muda, dinamis dan berbagai jenis karya yang diterbitkan oleh Mozaik Indie Publisher.
4. Mozaik-mozaik yang terlepas adalah gambaran dinamika proses dari penyusunan/penuangan ide penulis/penyusun hingga tersampai/terurainyanya pesan/ide tersebut ke pembaca.

Salam

Mozaik Team

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s