Udah pada tahu belum kalau hari ini adalah Hari Buku Sedunia?

Kalau belum tahu nggak apa-apa deh, Mr.Moz memaklumi karena memangWorld Book Daya ini masih jarang diketahui oleh khalayak umum. Apalagi di Indonesia, peringatan Hari Buku Sedunia masih kalah meriah dengan Hari Kartini dan Hari Bumi.

Nah, biar tahun depan nggak lupa lagi, maka kali ini Mr.Moz akan menceritakan sedikit sejarah ditetapkannya tanggal 23 Maret sebagai Hari Buku Sedunia.

Tanggal 23 april merupakan tanggal simbolik untuk dunia sastra karena pada tanggal sama pada tahun 1616, Cervantes, Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega semuanya meninggal dunia.  Dari tangan penulis Spanyol, Cervantes, lahir sosok Don Kisot yang mempengaruhi begitu banyak pengarang dunia.


Don Kisot dari La Mancha adalah absurditas yang coba mengkritik rasionalitas totok dari modernitas. Carventes tak mesti teriak-teriak di jalanan untuk lancarkan kritik. Cukup dihadirkannya sosok Don Kisot yang anti-hero dengan gaya olok-olok.



Sementara pada Shakespeare kita temukan kesuburan melahirkan karya dan sekaligus bagaimana karya itu dipentaskan sedemikian rupa kepada publik yang lebih luas.
Tanggal 23 April juga merupakan tanggal lahirnya dan meninggalnya penulis terkemuka lainnya seperti Maurice Druon, K. Laxness, Vladimir Nabokov, Josep Pla dan Manuel Meijia Vallejo.

Pemilihan tanggal tersebut merupakan pilihan Unesco, guna mendorong kepada setiap orang (kaum muda khususnya) untuk menemukan kesenangan dalam membaca, dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengarang-pengarang besar yang telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan sosial dan kultural umat. Maka sahlah 23 April diperingati sebagai Hari Buku dan Hak Cipta (World Book Day).



Trus kira-kira apa dong yang harus kita lakukan untuk memperingati Hari Buku Sedunia ini?

Apa ngadain upacara di sekolah atau tempat kerja masing-masing?

Demo agar BBM jangan sampai naik? Kan harga BBM nanti ngaruh juga sama harga buku

Atau mungkin mau mecahin rekor yang berkaitan dengan dunia buku, misalnya membaca buku dengan kayang selama satu jam?

Rasanya nggak perlu yang muluk-muluk, kita lakuin saja hal-hal sederhana yang bermanfaat bagi dunia buku dan kepenulisan. Kalau versinya Mr.Moz nih, mungkin kita bisa merapikan kembali rak buku kita yang selama ini udah lama berantakan, bersihin dan sampulin bukunya biar nggak kotor. Bisa juga kita membaca buku-buku yang selama ini belum sempat kit abaca. Atau kalau mau berbagi, nyumbangin buku ke taman baca.

Kalau mau lebih keren lagi, tuliskan sebuah impian yang berkaitan dengan buku. Misalnya neh: Menargetkan tahun ini menuliskan sebuah buku!

Nggak perlu bingung nanti ngurusin segala tetek bengek penerbitannya, kalian cukup menulis saja, sedangkan urusan lainnya serahkan pada kami. Yupe, Mozaik Team selalu siap membantu kamu-kamu yang pengin nerbitin buku secara indie.

Okey, Selamat Hari Buku Sedunia semuanya. Happy Reading dan Fun Writing yaa.

Salam

Mozaik Team

Referensi
http://nurbusyra.blogspot.com/2010/04/hari-buku-sedunia.html
http://indonesiabuku.com/?p=12315
http://noviaji.wordpress.com/2012/04/23/hari-buku-sedunia-sudah-tenggelam-oleh-kehiruk-pikukkan-internet/
http://www.idefix.com/kitap/don-kisot-2-cilt-takim-miguel-de-cervantes-saavedra/tanim.asp?sid=MOSY26ZK0D1T9XR9IN0U
http://media.isnet.org/iptek/100/Shakespeare.html

 

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s