Salam Literasi!

Untuk lebih mengenal para penulis Mozaik dan mengambil ilmu dari mereka, kini Mozaik menghadirkan rubrik baru: Writer Corner.
Nah sebagai pembukaan kami memilih salah satu kontributor di buku Puasa Pertamax yang ngakunya seeh sodara kembarnya salah satu bintang Bollywood.



Untuk mengetahui kebenarannya, silahkan aja ikutin wawancara Mr.Moz dengan belio.

1.    Hai Raya, apa kabarnya neh? Lagi sibuk apa sekarang?
Alhamdulillah baik. baik secara fisik maupun mental. Jiwa maupun rohani. Alhamdulillah *gak pake ala syahrini* . Biasalaaaah, sibuk jadi kuli negara. Membantu mencerdaskan anak bangsa,hehehe..

2.    Boleh tahu nggak, buku terbarumu yang berjudul Puasa Pertamax itu bercerita tentang apa sih?
Buku Puasa Pertamax itu jalan ceritanya tentang bagaimana perjuangan hidup saya melewati puasa pertama di negri orang. Jauh dari sanak saudara. Kebayang dong yaaaaa,, anak seunyu saya zaman itu (catet loh yaaaa,, tahun 1999) harus hidup terpisah dari orang tua dan menjalani pendidikan keputrian a.k.a pesantren selama 3 tahun. Poke, tamat SD, ortu langsung dagh ngejeblosin sayah ke dalam penjara suci tersebut. Ortu saya pinter-kan? xixixixixi *diseblaknyokap*

3.    Sejak kapan kamu suka menulis dan apa motivasinya?
Kalau ditanya awal mulanya suka nulis itu, rada susah mau ngejelasinnya. Percaya ga sih kalau saya ngomong, awalan saya doyan nulis sejak dalam kandungan? Just kid ding. Saya suka nulis sedari kecil. Nulis aaaapa ajah. Saya mendadak mingkem cantip ajah kalau sudah berhadapan dengan kertas dan pensil. Bahkan kalau lagi maen, saya suka nulis2 di tanah. Entah nulis nama teman gank, atau nulis isi hati.Ga ada motivasi apapun. Pokoknya nuliiiiis ajah. Dan satu lagi, saya ga pernah peduli dengan omongan orang tentang tulisan saya. Mau dibilang jelek kek, aneh kek, cut keke aaahhh..

4.    Sudah berapa karya yang kamu hasilin dan ceritain dikit proses kreatifnya kayak gimana?
Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa… masih jauuuuuh dari target,Mr. Moz,hehehehe. Sejauh ini masih seputaran antologi yang udah diterbitin. Maren, entah mimpi apaaan gt yaaah, tulisan galau saya terjaring di Leutikaprio dalam ajang menulis #When I Broke Up. Especially appropriate word I say other than thank God, Alhamdulillah🙂
Terus puasa pertamax yang dinaungi Mr. Moz.. Ama Semua tentangku dan Kendari.

5.    Kesulitan apa sih yang biasanya kamu alami dalam menulis dan bagaimana cara mengatasinya?
MOODY. Esumpeeeeeh deeeeehhhh,,, moody itu datangnya unpredictable. Walaupun semua bahan untuk nulis itu ada, semisal ide kreatif,, tapi kalau ga mood, ya tetep ajah malas nulis. Kalau udah gitu emang saya butuh perangsang biar si moody bisa kembali jegeeeeer,hahahahaha.. Plis deh ya booowwwkkk.

Okeyeees, sayah buka kartu ya, itu tapiiii strategi saya menghadapi moody dlm menulis, biasanya saya ke pantai, tereak-tereak kayak orang gila. Atau mendadak dangdut, setel lagu dangdut dan dangdutan sendiri dlam kamar. Atau yang paling ajaib, jreeenggg,, jreeengggg,,, FILM KOREA! I dont know why, tapi film korea sangaaaat ngefek dalam dunia literasi saya *tsaaaaaaaahmbahasamuitulohrayaah*..

6.    Oh iya, nama Raya Aishwarya Ray itu nama pena ya? Artinya apa? Apa kamu ngefans berat sama Aishwarya Ray?
Gegara tetangga saya melakukan kekhilafan yang amat-sangat-FATAL-banget-sekali, akhirnya nama pena saya ngikut nama artis bollywood, jeung aishwarya rai. Kata tetangga sayah ginih “Raaay,, edodoe,, hidung kamu mirip istrinya akhsay kumar ya?”
Oke, Mr. Moz perlu tau kalau saya cinta mati ama akhsay kumar dari zaman esde. eSDe loh yaaaa. Tapi ga tau istrinya sopo. Berhubung si tetangga saya terlanjur _basah_ mbilang idung saya 11-12 ama aishwarya rai yang kebetulan paling membahagiakan adalah bininya aa akhsay, maka jadilah saya make nama itu,hahahahaha. no sense be-ge-te jawaban sayah ya?

7.    Sekarang ada proyek terbaru nggak? Kasih bocoran dong.
Mmmmmm… bilang ga yaaaa??? *sokmisteriusdehahhkamyuuuhrayah*

Itulah wawancara ekslusip kami dengan Raya. Kalau Mozaiker punya pertanyaan silahkan langsung ditulis di kolom komentar.

 

 

Salam

 

 

Mr.Moz

 

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

8 responses »

  1. rayaadawiah says:

    hahahahahaa.. jaoh amat waode rabiyatul ama raya aishwarya rai😆

  2. tinsyam says:

    diposting juga dimari.. itu bikin latar gitu gimana cara sih?

  3. hihihi.. rayaaaa….
    eh, tau gak Ray… dulu pernah aku chatting sama akshay kumar lhooo… ciyuuss…*kabuurr*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s