Maaf baru sempat menulis tentang acara talkshow Indie It’s My Way yang telah diadakan oleh Mozaik Indie Publisher hari ini dikarenakan kesibukan baru Mr.Moz sebagai seorang ayah yang benar-benar menyita waktu dan tenaga saya. Meski capek namun saya sangat mensyukurinya.

OK Lets start writing.

Indie It’s My Way. Sebuah kalimat lugas dan to the point yang saya pakai sebagai tajuk talkshow Mozaik Indie Publisher yang diadakan pada tanggal 27 Januari 2013 di Toko Buku Toga Mas Dieng, Malang pada jam 11.00 – 13.00 WIB.

Kalimat Indie It’s My Way terinpirasi dari lagu Bon Jovi yang sangat familiar: It’s My Life. Melalui talkshow ini kami ingin mengenalkan diri lebih dekat lagi dengan warga Malang sekaligus berbagi pengalaman tentang seluk-beluk penerbitan buku melalui jalur indie. Di acara ini kami membandingkan kelebihan dan kekurangan menerbitkan buku melalui penerbit major dan indie. Materi dalam talkshow ini sebenarnya sudah pernah kami sampaikan di sini, namun kami yakin yang membacanya mungkin hanya baru sebatas teman-teman di dunia maya. Padahal sebagai penerbitan yang baru berdiri kami harus rajin-rajin memperkenalkan diri tidak hanya di dunia maya namun juga dunia nyata.

Pembicara dalam talkshow Indie It’s My Way adalah Ihwan Hariyanto alias Mr.Moz sendiri. Sebenarnya tampilnya Mr.Moz dalam talkshow ini sebuah kenekatan, bagaimana tidak, terakhir kali Mr.Moz tampil di depan umum adalah tahun 2007, ketika masih sibuk promosi novel perdananya Xerografer. Namun dengan berbekal pengalaman pernah menerbitkan buku di penerbit major dan indie serta tanggungjawab sebagai pemilik Mozaik Indie Publisher, Mr.Moz mencoba untuk percaya diri dan membagi pengalaman yang masih sedikit itu kepada para peserta talkshow.

Acara sempat molor setengah jam dari jadwal yang ditentukan. Kalau biasanya acara molor karena narasumbernya tak kunjung datang, maka ini sebaliknya, karena pesertanya yang tak kunjung datang. Sebuah kenyataan yang cukup mengurangi nyali Mr.Moz untuk tetap meneruskan acara. Untunglah ada sang MC, Mrs.Vivian Wijaya yang memberikan support dan mampu mengawal acara talkshow agar tetap hidup dari awal hingga akhir.

Ketika jam menunjukkan pukul 11.30, dengan mengucap Bismilillah acarapun dimulai dengan jumlah peserta yang baru memenuhi tidak lebih dari separuh tempat yang telah disediakan oleh pihak Toga Mas di lantai 2.

Di sesi pertama, Mr.Moz memaparkan materi yang sebelumnya telah dibagikan kepada para peserta. Entah karena ngomongnya kecepatan atau gimana, materi yang terdiri dari lima halaman itu langsung tandas hanya dalam waktu lima belas menit :-))

mr.mozBahkan satu mic-pun tak cukup buat Mr.Moz😀

Mr.Moz memang sengaja memaparkan dengan cara improvasi, tidak plek mengucapkan semua penjelasan yang ada di dalam materi. Untungnya menurut MC dan para peserta gaya berbicara Mr.Moz tidak terlalu cepat dan bisa dimengerti.

Sesi kedua adalah launching tiga buku terbitan Mozaik Indie Publisher yaitu Partisi Hati karya Ihwan Hariyanto, Egi Anak Bau Kencur karya Rhegita Resih Kemuning dan Pertamax Moment karya Rescue Iffah dkk. Dalam sesi ini para penulis berbagi cerita tentang proses kreatif serta ide yang menjadi inspirasi penulisan buku masing-masing.

indie its my wayKi- Ka: Vivi (MC), Mr.Moz, Rhegita dan Rescue Iffah.

Rhegita menuturkan bahwa novel perdananya terinspirasi dari adik laki-lakinya yang mempunyai hobby futsal sejak kecil, cuma dalam cerita tokohnya diubah menjadi cewek. Rescue Iffah menuliskan Pertamax Moment dari pengalaman pertama kali saat belajar mengendari mobil bersama sang Ayah, kebetulan naskah Rescue menjadi pemenang dalam event Pertamax Moment yang pernah diadakan oleh Mozaik. Untuk Partisi Hati, terinspirasi dari kisah-kisah cinta yang pernah ditemui atau didengar oleh Mr.Moz dari dunia maya.

Sesi ketiga adalah tanya-jawab dengan para peserta. Pertanyaan pertama datang dari Mas Welly, bagaimana system pembiayaan penerbitan buku di Mozaik?

Mr.Moz menjawab: untuk pembiayaan penerbitan di Mozaik pada dasarnya dari penulis sendiri, namun adakalanya juga Mozaik mendapatkan sponsorship seperti saat menerbitkan Puasa Pertamax, atau bias juga dari investor saat menerbitkan Carok.

Pertanyaan kedua diajukan oleh Mbak Ria AS tentang distribusi buku di Mozaik apakah bisa masuk ke took buku seperti Gramedia atau Toga Mas?

Mr.Moz menjawab: Mozaik sudah bisa mendistribusikan buku ke toko buku Gramedia, contohnya buku Love Journey dan Carok yang didistribusikan di Gramedia Jatim dan Jabar, lalu ada buku Puasa Pertamax yang dijual di Toga Mas Jatim.

Pertanyaan terakhir dari Mbak Gina, apakah Mozaik menerima semua jenis naskah atau ada seleksi naskahnya? Karena bagaimanapun juga kualitas buku yang terbit nanti akan berpengaruh pada citra Mozaik.

Mr.Moz menjawab: Mozaik menerima semua jenis naskah dan tidak ada seleksi naskah. Namun Mozaik tidak lepas tangan begitu saja terhadap naskah yang masuk, Mozaik akan memberikan masukan untuk editing n materi buku yang akan diterbitkan. Misalnya buku Egi Anak Bau Kencur saat dikirimkan ke Mozaik sama sekali tidak ada pembagian per babnya sehingga menyebabkan pembaca akan merasa lelah saat membacanya. Mr.Moz lalu memberi masukan kepada penulisnya dan syukurlah diterima.

Sesi keempat yang paling ditunggu-tunggu yaitu games. Ada dua game, yang pertama game live twit dan game sharing pengalaman menulis. Game live twit mengharuskan peserta untuk membuat reportase singkat di twitter dengan memakai hastag #indieitsmyway dan mention @mozaik_indie.

Game kedua yaitu meminta peserta untuk sharing pengalaman menulis selama ini. Pada game ini muncul pemenang Bu Laksmi yang merupakan perawat di RSSA yang dalam waktu dekat ini akan menerbitkan sebuah novel tentang ODHA yang diambil dari pengalamannya selama menangangi para penderita AIDS.

DSC06362bAcara kami dimuat di Radar Malang, Jawa Pos.

Itulah laporan singkat tentang talkshow Indie It’s My Way, overall kami merasa puas dengan hasilnya, boleh dibilang cukup berhasil baik dari segi penyelenggaraan acara maupun penjualan buku-buku yang dilaunching.  Semoga materi yang kami sampaikan dalam talkshow bisa memberikan pandangan baru kepada para penulis maupun calon penulis tentang alternative penerbitan buku indie yang tidak kalah serunya dengan penerbitan major.

 

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

16 responses »

  1. Alhamdulillah…
    Lancar jayaaaa😀

  2. Larasati says:

    sukses yah mister mozz, jg buat dede enju nyaaa…

  3. angkasa13 says:

    Bahasa daerah dan bahasa ibu mengalami tanpa terasa mengalami abrasi ya mas

    • Mr. Moz says:

      iya bener, sekarang anak2 di tempat saya, bahkan ponakan sendiri kalo ngomong ama orang lain pakai bahasa Indonesia karena nggak bisa bahasa jawa yg halus.

  4. angkasa13 says:

    Sauki geuning ieu teh. Hayu ah jadi penular virus baca bareng temen temen KEBUKIT .. Hhe

  5. Dee An says:

    Sukses selalu buat Mozaik….🙂
    hampir senasib tuh ama acara launching buku LJ di Batam, acara molor gara² audience-nya masih dikit…😀

    • Mr. Moz says:

      hahahaha ternyata ngalamin juga ya Dee.
      pas penantian audience itu berasa detik2 yg mendebarkan, berasa dliatin ama pemilik tokonya, tengsin kalo sampe ga ada yg datang sama sekali😀

      • Dee An says:

        iya, Mr. Moz… apalagi acara kami kemaren itu kan di mall, jadi ya gitu deeeh.. pangunjungnya lewat di depan tobuk Karisma, ngeliat masih sepi, akhirnya lebih milih window shoping..😀
        sampe akhirnya acara molor hampir satu jam, ya gara2 itu…😀
        sebuah pengalaman tersendiri yg cukup mendebarkan yaa…. heheheheee..

  6. Jadi…..sudah jadi ayah beneran? Kapan? Barakallah yaaa….
    Buat baby enju, budhe kirim doa ya, “U’idzuuka bikalimatillahittaammah min kullisy syaithaani wa haammah wa min kulli ‘aini llaammah”

  7. anchaanwar says:

    Wah, hebat sudah ngadain talkshow segala.
    Semoga sukses dan lancar semua usahanya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s