Pada tanggal 26 Maret 2013, Mr.Moz diundang oleh LPM DIAGNOSTIKA Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dalam acara PLEXUS: Pelatihan Jurnalistik dan Multimedia. LPM DIAGNOSTIKA adalah unit kegiatan mahasiswa kedokteran UB yang bergerak di bidang sastra. Dalam pelatihan ini Mr.Moz diminta untuk memberikan pelatihan menulis cerpen bagi para anggota barunya. Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk memotivasi para anggotanya agar tak malu dan rajin menulis karya sastra, dalam hal ini cerita pendek.

Bertempat di Gedung FAAL FKUB Lantai 3, pelatihan dimulai pukul 16.00 dengan dihadiri sekitar 20an peserta. Adapun materi yang diberikan Mr.Moz meliputi unsur-unsur cerita pendek yang diantaranya: tema, ide cerita, alur cerita, karakter, narasi, setting dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lengkapnya silakan mengunduh file materi pelatihan di attachment blog ini.

Sambutan peserta cukup antusias, hal ini terlihat dari cara mereka menyimak materi yang diberikan oleh Mr.Moz. Pada sesi tanya jawab diberikan kesempatan bagi tiga penanya. Salah satu pertanyaan dating dari Cindy, mahasiswi keperawatan. Dia bertanya bagaimana cara membuat judul yang menarik?

Jawaban dari Mr.Moz adalah sebagai berikut:

“Di sinilah keunikan membuat karya sastra. Jika kita membuat karya tulis ilmiah, maka judul harus dibuat terlebih dahulu lengkap dengan rincian masalah yang akan diangkat. Sedangkan karya sastra, dalam hal ini cerpen, judul bisa dibuat belakangan. Saya akan sharing pengalaman saya membuat judul pada novel saya. Novel perdana saya berjudul Xerografer, judul ini saya dapatkan ketika saya mencari referensi tentang seluk-beluk mesin fotokopi. Dari referensi tersebut saya mendapatkan info kalau di dalam mesin fotokopi itu terjadi proses xerografi, yang berasal dari bahasa Yunani: xeros: kering dan graf artinya tulisan. Dari situ muncul ide untuk novel saya, jika mesinnya menggunakan proses xerografi maka operatornya disebut xerographer. Akhirnya kata Xerografer saya pakai sebagai judul novel saya.”

Itulah sedikit laporan kami terkait acara yang baru saja diikuti oleh Mr.Moz. Harapan Mr.Moz semoga materi yang disampaikan bisa berguna bagi para anggota DIAGNOSTIKA dan pembaca yang mendowload materinya, aamiin.

Materi Pelatihan bisa didownload di sini.

Salam

Mozaik Team

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

2 responses »

  1. ayanapunya says:

    sukses selalu buat mas moz dan mozaikny!🙂

Leave a Reply

