Pada pada bulan April 2012, kami mengadakan sebuah event lomba bertajuk: Mozaik Blog Competition. Karena event ini kami adakan untuk memperingati World Book Day yang jatuh pada tanggal 23 April maka kami mengangkat buku sebagai tema lomba: Arti Buku Buatku. Lomba blog ini diikuti oleh 37 blogger dengan berbagai macam latar belakang dan profesi namun semuanya mempunyai satu kesamaan yaitu mempunyai kecintaan yang mendalam pada buku.
Tercatat ada 6 pemenang dalam lomba tersebut, antara lain Wayan Lessy, Lalu Abdul Fatah dan Indar Pati terpilih sebagai juara 1, 2 dan 3. Melihat naskah yang berkualitas milik para peserta rasanya sayang sekali jika dibiarkan begitu saja tanpa ada kelanjutan. Maka kami pun memilih 20 naskah terbaik untuk kami bukukan, Alhamdulillah mendapatkan tanggapan yang positif dari para peserta.
Setelah persetujuan didapatkan maka kami memulai pembahasan proyek penerbitan buku tersebut. Pembahasan meliputi banyak hal, mulai dari pemilihan judul, pembuatan cover dan keputusan apakah buku ini akan dicetak POD ataukah massal.
Ada tiga opsi judul yang kami ajukan: Book Lover, Book Addict dan Book Junkies.  Judul Book Junkies akhirnya dipilih karena beberapa pertimbangan antara lain: belum pernah dipakai oleh buku lain, lebih menarik dan menjual.  Untuk cover sempat ganti berkali-kali hingga akhirnya menemukan konsep yang benar-benar sesuai dengan judul dan isinya. Berikut beberapa cover yang sempat kami buat:

book junkies cover

Draft Cover Book Junkies

book junkies revised 04-01 front

cover final Book Junkies

Agar lebih banyak menjangkau pembaca dan dari segi prestise lebih membanggakan maka kami memutuskan untuk mencetak massal dan didistribusikan ke toko buku. Untuk pembiayaan sempat ada wacana untuk ditanggung bersama oleh semua kontributor seperti buku Love Journey, namun kami selaku pihak penerbit ingin mencoba mencari investor ataupun donatur.

Setelah gugling dan mendapatkan informasi dari beberapa pihak akhirnya kami mencoba peruntungan dengan mengajukan proyek Book Junkies ke situs pendanaan massal: Wujudkan.com. Saat itu tercatat sudah ada 8 proyek yang berhasil terwujud berkat bantuan para donatur, salah satu yang terkenal adalah proyek film Atambua 39 Celcius yang diproduseri oleh Mira Lesmana dan disutradarai Riri Riza.
Maka semua data dan kelengkapan pun kami coba kumpulkan, mulai dari mencari endorsement hingga membuat rincian reward apa saja yang akan diberikan kepada para donatur. Alhamdulillah tercata sejak bulan April proyek Book Junkies sudah terpasang di Wujudkan.com.  Maksimal diberikan waktu kampanye dan penggalangan dana selama 3 bulan, namun demi efisiensi waktu maka putuskan hanya 2 bulan saja.

Waktu terus berjalan, kami pun mulai mendapatkan donasi. Ada yang memberikan donasi langsung ke Wujudkan namun ada juga yang lewat kami karena kesulitan dalam hal administratifnya. Hal ini diperbolehkan oleh admin Wujudkan.com.

Sampai akhir April dana yang terdata sudah tercapai Rp.1.325.000 sedangkan yang sudah transfer baru Rp.250.000. Padahal waktu kampanye kami tinggal seminggu. Kami sudah pesimis bahwa proyek kami akan mendapatkan dana yang kami butuhkan.
Perlu diketahui ada kesepakatan di awal bahwa jika dana yang terkumpul tidak mencapai target maka dana yang sudah terkumpul akan dikembalikan lagi oleh pihak Wujudkan kepadaa donatur yang sudah menyumbang. Memang sayang sekali sih, namun kami menerimanya sebagai konsekuensi kerjasama.

Allah Maha Pemurah dan Maha Mendengar doa-doa kami, di minggu terakhir itu ada seseorang yang menghubungi kami, sebut saja beliau Donatur BJ. Beliau bersedia menutup semua biaya proyek Book Junkies yang masih kurang. Tentu saja kami sangat senang dan bersyukur sekali mendengarnya, ada juga rasa tidak percaya sih. Namun setelah Donatur BJ sampai menelpon Mr.Moz untuk konfirmasi berapa dana yang harus segera ditutup barulah kami benar-benar yakin dan percaya.

book junkies terwujud

Status Book Junkies di Wujudkan.com

Dan hari ini kami mendapatkan email dari Wujudkan.com yang berisi pemberitahuan kesuksesan prpyek Booj Junkies mencapai target dana. Selanjutnya dana akan segera ditransfer dan kami diberikan data siapa sajakah yang sudah menjadi donatur Book Junkies.

Alhamdulillah, terimakasih kepada Allah SWT yang telah mengirimkan malaikat-malaikat baik hati yang berkenan membantu terwujudnya proyek Book Junkies. Balaslah kebaikan mereka dengan seribu kebaikan di dunia dan akhirat, aamiin.
Dan kami mohon padamu Ya Allah terus kawal proyek Book Junkies ini sampai terwujud menjadi buku dan sampai kepada para pembaca. Semoga Book Junkies mampu memberikan inspirasi dan menularkan virus candu buku kepada siapa saja yang membacanya, aamiin.

*Karena berbagai pertimbangan Book Junkies baru akan dilaunching pada bulan Juni, memang tidak sesuai dengan target kami namun ini demi kesuksesan acara
**Kami nanti juga akan mengadakan kuis dan pre-order jadi pantau terus perkembangan proyek Book Junkies ya.

Salam

 

Mozaik Team

 

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

14 responses »

  1. Abi Sabila says:

    covernya keren, Mas. Semoga dimudahkan proses penerbitan dan pemasarannya nanti. Amin.

  2. tinsyam says:

    sukses ya wan..

  3. Dee An says:

    Gak sabar nunggu bukunya terbit….🙂
    sukses terus yaaaa….

  4. j4uharry says:

    up…up…up….

  5. […] ada banyak teman yang udah bikin buku.. prinsipnya sih book your blog.. dan tujuannya bikin buku pun bedabeda.. ada yang bikin buku masakan, pengennya duit bukunya untuk anakanak terlantar yang diurus gereja, ehternyata ada yang ga suka, kenapa gereja? lah sukasuka yang bikin buku toh, bermanfaat malah bagus, tujuannya juga bagus, kog jadinya SARA gitu sih? kalu udah gini, apapun tujuan bikin buku, ga usah berkoarkoar kalu duitnya buat amal.. tangan kanan memberi, tangan kiri ga usah tahulah.. dan kalu ada yang pengen bukuin blog, hubungin aja mozaik..  […]

  6. anotherorion says:

    berarti bakal nongol nang togamas yah wan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s