Mozaik Indie Publisher kembali mengadakan event literasi di Bumi Malang tercinta. Kali ini kami mengusung sebuah event yang kami beri nama: Book Junkies Party. Sesuai namanya, event ini merupakan pesta yang diperuntukkan bagi para pecandu buku di Malang. Bertempat di Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, acara yang dimoderatori oleh Vivian Wijaya ini dimulai pukul 13.00 WIB.

Sesi pertama Book Junkies Party dibuka dengan launching dan bedah buku kumpulan cerpen karya Adhi Widiyanto yang berjudul Kabut Dalam Cahaya. Buku setebal 128 ini merupakan karya perdana anggota Forum Lingkar Pena Malang yang juga hoby melukis tersebut. Adapun yang bertindak sebagai pembedah adalah Mashdar Zaenal, seorang cerpenis sekaligus novelis jebolan FLP Malang juga.

 

IMG_5403

Mashdar menuturkan bahwa secara keseluruhan buku Kabut Dalam Cahaya ini mengusung cerita yang sendu yang menguras air mata. Tak hanya itu, dia juga berusaha menguak ide cerita dari kumcer ini apakah berasal dari pengalaman pribadi sang penulis?

Adhi pun tak pelit berbagi inspirasi, dia menuturkan bahwa ide-ide dalam buku perdananya tersebut memang berasal dari pengalaman nyata dirinya. Seperti misalnya cerpen Surat Untuk Salsabila yang dia selesaikan hanya dalam waktu satu jam saja setelah sebuah fitnah yang mahadahsyat terjadi dalam hidupnya.

Setelah pembedah dan penulis Kabut Dalam Cahaya tampil, giliran para pengunjung diberi kesempatan untuk bertanya. Adalah Igo Chaniago, salah pengunjung yang mengajukan pertanyaan yang cukup menohok sang penulis: “Secara keseluruhan kumcer Mas Adhi bagus cuma ada yang sedikit ‘menganggu yaitu banyaknya foto-foto diri Mas Adhi di dalam buku. Apakah ini sisi narsis dari sang penulis atau ada campur tangan penerbit?”

Dengan santai dan cueknya Adhi Widiyanto menjawab alasan dia memakai foto dirinya sebagai ilustrasi di dalam bukunya adalah pertimbangan praktis tidak ada budget untuk membayar model, juga kalau memakai foto dari internet nanti akan terkena pasal pelanggaran hak cipta.

Menginjak sesi kedua yaitu bedah buku Book Junkies: Catatan Para Pecandu Buku. Buku setebal 170 halaman ini merupakan karya antologi yang diambil dari 20 blog terbaik Mozaik Blog Competition 2012. Adapun penulis yang datang antara lain Ihwan Hariyanto, Ivonie Zahra, Lalu Abdul Fatah dan Avizena Zen. Bertindak sebagai pembedah Fauziah Rahmawati, mantan Ketua FLP Malang dan penulis beberapa buku.

IMG_5430

Di awal bedah buku, Fauziah bertanya kepada para pengunjung: “Seandainya kalian melihat tiga cover buku ini di rak toko buku, mana yang kalian pilih?” Di tangan Fauziah ada tiga buku, Book Junkies dan dua buku bertema sejenis. Beberapa pengunjung ada yang memilih Book Junkies, sisanya memilih dua buku yang lain.

Tak hanya soal cover yang dikritisi, pemilihan judul Book Junkies juga ikut dipertanyakan. “Kenapa memakai judul Bahasa Inggris, kenapa tidak memakai Bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti dan sebagai kecintaan pada Indonesia?”

Namun Fauziah tetap obyektif, setelah memberika kritikan, dia memberikan pujian bahwa secara keseluruhan Book Junkies ini isinya sangat menarik sekali, pembaca disuguhi cerita-cerita seru para pecandu buku mulai dari yang sampai bela-belain mencuri buku di perpustakaan hingga meminta mahar lima lemari buku kepada calon suaminya.

Ihwan Hariyanto, mencoba menjawab pertanyaan Fauziah soal pemilihan judul yang berbahasa Inggris. “Mengutip pendapat Dani, salah satu kontributor Book Junkies bahwa terkadang keputusan pembaca untuk membeli sebuah buku itu karena judulnya yang menarik perhatian. Book Junkies kami pilih karena dari segi arti akan membuat orang bertanya-tanya, Junkies selama ini identik dengan drug dan narkoba, nah ini kok disandingkan dengan buku?”

Sementara itu para penulis yang lain berbagi cerita tentang kenapa mereka begitu senang membaca. Ivonie Zahra mengisahkan ketika dia remaja, semua temannya begitu sibuk dan bangga dengan pacar dan gebetan yang mereka miliki. Sedangkan dia sendiri saat itu merasa lebih nyaman menekuni kesenangannya membaca buku. “Bagi saya buku adalah pacar setia saya, bahkan di kamar mandi pun akan tetap saya bawa dan dibaca tentunya.”

Lain halnya dengan Lalu Abdul Fatah yang berpendapat bahwa melalui tulisan kita bisa menyampaikan pendapat kita dalam lingkup yang lebih luas. “Apa yang kami sampaikan di sini hanya akan didengar oleh hadirin yang datang, tapi dengan tulisan maka ide dan buah pikiran kita bisa dibaca oleh orang lain yang tidak hadir di acara ini.”

Dalam sesi tanya jawab banyak pengunjung yang tertarik menanyakan bagaimana caranya memupuk rasa percaya diri dan keberanian menerbitkan buku. Salah satunya Berna, seorang penyiar radio swasta di Malang: “Sebagai seorang penyiar saya terbiasa bercuap-cuap mengeluarkan ide tau gagasan, namun ketika disuruh menuliskannya saya merasa kesulitan. Apalagi ada perbedaan cara menulis, dimana saya terbiasa menulis dengan gaya jurnalistik sedangkan untuk novel harus dengan gaya sastra. Nah bagaimana cara mengatasinya?”

Avizena menyarankan kepada Berna agar memperbanyak membaca karya-karya fiksi agar dia mampu belajar bagaimana menulis fiksi. “Sangat simple sekali kok Mbak, kalau pengin bisa nulis fiksi ya baca aja buku-buku fiksi, dari situ Mbak bisa mencoba belajar menulis fiksi.”

IMG_5479

IMG_5474

Selain bedah buku dan tanya jawab, Mozaik juga memanjakan para pengunjung dengan bazaar buku Mozaik dimana buku-buku yang dibedah dijual dengan diskon 20 persen. Alhamdulillah meski saat itu hujan namun pengunjung datang terus silih berganti menyaksikan acara kami. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya Book Junkies Party ini antara lain: Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, Radio Puspita 103,7 FM, situs HaloMalang.com dan pihak-pihak lain yang tak bisa kami sebutkan satu per satu.

 

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

4 responses »

  1. tinsyam says:

    fatah datang ke malang ya.. keren..

  2. boemisayekti says:

    selamat acaranya sukses…. semoga disusul bukunya laris manis, amin..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s